Alamat IP Address

Pembagian Alamat IP Address

Sebelumnya disini saya akan menjelaskan pengertianya dahulu...
IP Address adalah sebuah identitas yang di berikan kepada setiap perangkat komputer yang terhubung pada sebuah jaringan deengan menggunakan basic TCP/IP dan  IP Address biasanya di gunakan sebagai alamat alat hubung antar host di internet sehingga di sebut sistem komunikasi universal karena, ini merupakan metode pengalamatan.
IP address terdiri dari bilangan biner 32 bit yang dipisahkan oleh tanda titik setiap 8 bitnya.

Pembagian Alamat IP Address:
       1. Format IP Address kelas A
IP Adress kelas A pada BIT pertamanya mempunyai niali 0 dengan panjang net ID adalah 8 BIT s erta memiliki panjang host 24 Bit kelas A ini hanya mempunyai 128 network kelas A ini hanya mempunyai 128 network.

       2. Format IP Address kelas B
 IP Address kelas B pada dua BIT pertamanya selalu mempunyai jumlah 10 byte dengan nilai yang telah ditentukan yaitu 128 s/d 191 berjumlah 16 Bit dan Host ID pada kelas B ini mempunyai nilai range 128.0.23.6 dan seterusnya sampai angka awal memiliki nilai 191.

       3. Format IP Address kelas  C
 Format IP Address kelas  C memiliki 3 bit pertama dengan nilai 110 ip address dengan kelas c ini lah yang sering digunakan untuk melakukan suatu konfigurasi jaringan pada komputer yang menggunakan basic LAN jumlah bit 24 BIT dan jumlah Host ID 8 Bit, IP address yang memiliki jumlah host hingga 256 host, dengan demikian terdapat kurang lebih dua juta network.

       4. Format IP Address kelas D
Format IP Address kelas D memiliki jumlah pada 4 bit pertamanya dengan nilai 1110, jumlah byte pertama berkisar pada angka 224 s/d 247. jumlah Byte yang dimiliki kelas D ini dimulai dengan nilai : 224 – 239.  4 Bit Pertama yang dimiliki kelas D adalah : 1110.

      5.  Format IP Address kelas E
Format IP Address kelas E biasanya disediakan sebagai alamat yang bersifat "eksperimental" atau suatu alamat percobaan yang dicadangkan untuk digunakan masa depan. 4 bit pertama selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK MEMORY